Tips Liburan ke Pulau Macan di Kepulauan Seribu

Tips Liburan ke Pulau Macan di Kepulauan Seribu

The best getaway in Jakarta. Inilah julukan berasal dari beberapa traveler yang telah dulu menyambangi Pulau Macan. Namanya memang tidak setenar pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu lainnya, layaknya Pulau Tidung, Pulau Pari atau Pulau Bira. Namun Pulau Macan tawarkan kecantikan tropis di dalam situasi alami yang bisa kamu nikmati, tanpa wajib pergi jauh berasal dari rumah.

Pulau Macan sendiri memang ada dua, yakni Pulau Macan Besar yang menjadi tempat tamu menginap, dan Pulau Macan Kecil yang dibiarkan tak tersentuh dan tanpa penghuni. Wah, buat penasaran ya! wisata murah pulau seribu

Tapi tidak layaknya para tetangganya, Pulau Macan cenderung lebih sepi dan lebih sedikit dikunjungi. Bukan dikarenakan pemandangannya tidak cukup bagus, tetapi dikarenakan Pulau Macan memang merupakan pulau resort yang kuantitas pengunjungnya dibatasi. Seperti halnya Pulau Bidadari, kamu yang menginginkan datang ke Pulau Macan wajib melakukan booking di awal, beberapa hari sebelum akan berangkat.

Tiger Islands Village & Eco Resort adalah resort yang lumayan mewah dan mengusung misi pelestarian lingkungan. Sesuai misinya, resort ini bernuansa alami dan konsep eco-friendly-nya didukung teknologi modern. Contohnya, beberapa besar bangunan resort dibangun bersama dengan material alami, begitu juga bersama dengan furniturnya yang dibuat berasal dari limbah kayu. Listriknya beberapa besar berasal berasal dari solar panel agar menghemat pemanfaatan solar untuk genset. Mereka juga menampung air hujan, disaring, lantas digunakan untuk beragam kebutuhan.

Makanan yang dihidangkan disini juga organik dan bebas berasal dari racun hama. Sayuran dan buah benar-benar ditanam sendiri oleh pihak resort secara organik. Menurut beberapa tamu, makanannya terbilang simple tetapi benar-benar lezat dan bahannya-pun terasa segarnya paket wisata pulau seribu .

“Makanannya luar biasa… sederhana, masakan rumahan, layaknya yang dibuat ibu. Dan tiap tiap orang benar-benar ramah dan helpful,” tulis Ayswarya M melalui akun Tripadvisor-nya.

Walaupun masakannya hanya nasi goreng atau semur tahu, rasanya memang benar-benar nikmat hingga beberapa pengunjung sempat bermaksud untuk “menculik” sang head chef. Ternyata head chef yang masakannya telah menggoyang lidah banyak orang itu adalah seorang ibu tua simple yang ramah. Beliau adalah pengasuh pemilik resort sejak kecil, dikala tinggal di Indonesia dan di luar negeri. Tak heran masakannya merupakan perpaduan pada citarasa nusantara bersama dengan internasional yang akrab di lidah.

Akomodasi Bernuansa Alami di Pulau Macan

Resort di Pulau Macan juga sedia kan beragam tipe akomodasi. Yang paling terjangkau adalah Island Tent. Walaupun disebut “tenda” tetapi tenda yang satu ini nyaman bersama dengan matras, seprai bersih, bantal, serta lilin untuk mengusir nyamuk. Tenda ini bisa muat untuk tiga orang. Selain tenda, ada penginapan kabin layaknya Eco Cabin atau Tropical Forest & Bamboo Cabin.

Namun pilihan akomodasi paling kondang adalah Sunset Hut. Pondokan ini lumayan luas dan bisa dihuni 4 orang. Tersedia 1 double bed dan 2 single bed. Sunset Hut juga miliki en-suite bathroom yang cantik dan bernuansa alami. Sunset Hut juga mempunyai dek teristimewa bersama dengan akses langsung menuju lautan. Istimewanya adalah, Sunset Hut ini menghadap ke Barat, agar kamu bisa menikmati panorama sunset yang indah tiap sore. Dari dek teristimewa di Sunset Hut, kamu dapat takjub menyaksikan matahari merah yang perlahan meninggalkan langit senja.

Selain pondokan-pondokan untuk menginap, Pulau Macan miliki beragam fasilitas layaknya Club House. Di sini kamu bisa menikmati hidangan yang dihidangkan prasmanan, bersantai, saksikan DVD ataupun membaca. Ada juga Bamboo Bar & Sundeck, tempat favorit untuk mengobrol dan berjemur di bawah cahaya matahari. Ada juga toko suvenir dan snack yang sedia kan perlengkapan snorkeling.

Ya, snorkeling dan scuba diving tentu menjadi aktivitas yang wajib kamu coba dong! Jangan khawatir, dikarenakan peralatannya telah dihidangkan oleh resort. Jadi jika tidak bisa pergi jauh-jauh, kamu juga bisa menikmati terumbu karang cantik di sini. Apalagi Pulau Macan dekat berasal dari Jakarta dan aksesnya lumayan mudah. Selain snorkeling, kamu juga bisa island hopping lho! Pihak resort dapat membantu sesuaikan perjalanan bersama dengan perahu, mendatangi pulau-pulau tetangga juga Pulau Botak dan Macan Kecil. Kayaking juga menjadi aktivitas seru yang bisa kamu coba bersama dengan teman-teman.

Penasaran dong, berapa sih budget yang dibutuhkan untuk menggunakan kala liburan di Pulau Macan? Untuk dewasa, kamu wajib merogoh kocek sedikitnya 1,6 juta rupiah per orang untuk menginap 2 hari 1 malam di Island Tent. Untuk Sunset Hut, akomodasi termahal, kamu wajib merogoh kocek lebih dalam, kira-kira 2,6 juta per orang di akhir pekan. Bayi yang usianya di bawah 3 th. bisa menginap gratis. Jika menginginkan lebih murah, kamu bisa ambil “one day trip” tanpa menginap. Informasi lebih lanjut tentang booking, bisa kamu menyaksikan di sini.

Walaupun terdengar mahal, ongkos selanjutnya telah mencakup semua hal lho, layaknya penyeberangan PP berasal dari Marina Ancol, makanan, minuman dan snack selama menginap, perlengkapan snorkeling, perahu, serta game layaknya “macan tennis” dan bilyar. Oh ya, retribusi masuk Taman Nasional Pulau Seribu juga telah juga ya. Tinggal bawa pakaian, dan siap-siap untuk bersenang-senang di Pulau Macan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *